Menjalankan usaha dalam bidang apapun memerlukan sistem pembukuan yang rapi, terutama pencatatan dalam setiap transaksi. Semakin berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali aplikasi pembukuan yang mudah di dapat untuk mempermudah pencatatan pembukuan dan transaksi sehingga bisa tahu secara langsung keluar masuk uang maupun stock barang dagangan.
Berikut contoh aplikasi POS ( Point Of Sales ) yang bisa di gunakan dalam usaha F&B dan UMKM
- MOKA
Cocok untuk bisnis skala tinggi dengan fitur lengkap seperti invetory, multi – outlet, CRM ( Customer Relationship Management ) hingga laporan Real Time
Harga mulai : Rp 299.000 per bulan
Kelebihan : Dukungan pembayaran digital yang luas, laporan bisnis detail
Kekurangan : Harga lebih mahal di banding kompetitor, fitur tambahan berbayar

- OLSERA
Fleksibel untuk UMKM dengan budget terbatas, bisa di gunakan offline dan online dengan fitur omnichannel yang bermafaat untuk menyambungkan dengan semua platform online dan offline , sehingga semua stock akan di perbarui secara otomatis saat ada transaksi, serta menampilkan pesanan, laporan penjualan secara lengkap .
Harga mulai : Rp 140.000 per bulan
Kelebihan : Harga lebih terjangkau, ada fitur e-commerce
Kekurangan : User Interface / User Experience kurang mudah di pahami dibanding MOKA

- MAJOO
Selain untuk penjualan terdapat aplikasi tambahan seperti CRM, Akuntansi dan Manajemen Karyawan. Cocok untuk bisnis F&B yang ingin managemen lebih komprehensif.
Harga mulai : Rp 249.000 per bulan
Kelebihan : Banyak fitur tambahan, bisa di gunakan di banyak perangkat
Kekurangan : Fitur terlalu banyak untuk UMKM kecil, harga langganan menengah

- KASIR PINTAR
Pilihan ini paling cocok untuk UMKM kecil yang baru mulai dengan versi gratis untuk fitur dasar dan premium.
Harga mulai : Rp 50,000 per bulan
Kelebihan : Sangat terjangkau, cukup untuk bisnis sederhana
Kekurangan : Fitur terbatas, tidak sekomprehensif POS lain

- ESB ( Eureka System Backend )
POS yang paling banyak di gunakan oleh bisnis F&B skala besar dengan fitur lengkap mulai dari POS, inventory, kitchen display system, hingga analisis data.
Harga : Berdasarkan kebutuhan bisnis ( sistem custom )
Kelebihan : Cocok untuk bisnis yang ingin expansi besar, terintegrasi dengan sistem operasional restoran
Kekurangan : Tidak cocok untuk UMKM kecil, lebih optimal untuk bisnis skala menengah ke atas.

Sumber @erwinrcmd